SEJARAH SINGKAT FKMTSI

SEJARAH FKMTSI

Sejarah Singkat FKMTSI 

Dewan Mahasiswa pada tahun 1987 dibekukan dan diberlakukannya NKK-BKK oleh pemerintah praktis membekukan segala organisasi yang bernaung dibawahnya termasuk didalamnya BKMTSI (Badan Koordinasi Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia).

Semangat mahasiswa teknik sipil untuk beraktifitas dan menuangkan ide serta aspirasinya merasakan perlu adanya sebuah wadah yang mengimplementasikan semua gagasan-gagasan yang muncul dari mahasiswa sipil. Sebab pada waktu itu aktifitas mahasiswa sipil hanya didominasi oleh sekelompok mahasiswa dan institusi tertentu saja sehingga secara nasional kurang memberikan peran , sehingga pada Temu Wicara Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia yang diselenggarakan dalam rangka dies natalies APTU di Bandung ide untuk membentuk suatu forum sebagai media komunikasi dan tukar menukar informasi teknik sipil seluruh Indonesia kembali muncul.Dalam acara tersebut lahirlah deklarasi bandung yang ditandangani oleh 25 delegasi dari institusi teknik sipil seluruh Indonesia pada tanggal 24 Desember 1987.


Dengan lahirnya deklarasi bandung 24 desember 1987, mahasiswa teknik sipil dalam Temu Wicara II di Jakarta menghasilkan kesepakatan-kepakatan mengenai nama forum dan beberapa fungsi tentang koordinator korum serta pembagian 12 wilayah Forum Komunikasi. Adapun nama forum ini adalah Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia. Kesepakatan jakarta dikenal dengan Piagam 1 Maret Jakarta, dan ditanda tangani oleh 57 delegasi institusi teknik sipil seluruh Indonesia pada tanggal 1 Maret 1989.


Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (FKMTSI) telah memasuki usia yang ke â?? 26 Tahun, yang dimana bila kita analogikan dengan usia manusia, maka usia tersebut merupakan usia yang bisa dikatakan telah dewasa, dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah, dapat menentukan skala sikap, memiliki suatu pemikiran yang revolusioner ,kematangan dalam berfikir, dan mandiri. Dalam perjalanannya FKMTSI dibagi menjadi 17 wilayah, dan didalamnya terdapat puluhan bahkan ratusan Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, dan telah melaksanakan Temu Wicara Nasional sebanyak 26 kali, termasuk didalamnya dilaksanakan Pertemuan Nasional (Penas) sebanyak 2 kali (2006 di Balikpapan dan 2010 di Makassar).


Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (FKMTSI) tiada lain adalah wujud dari semangat Mahasiswa Sipil se-Indonesia untuk beraktivitas, menuangkan ide dan aspirasinya dalam suatu wadah. Adapun terbentuknya forum ini dilandasi oleh keinginan yang besar, untuk memberikan peran yang lebih besar oleh mahasiswa sipil dalam upaya Pembangunan Nasional disamping sebagai media komunikasi dan tukar-menukar informasi antar Institusi masing-masing di seluruh IndonesiaTujuan FKMTSI adalah :

1. Menyatukan persepsi dan pemikiran tentang dunia Teknik Sipil Indonesia

2. Mengambil bagian dan berperan aktif dalam setiap usaha pembangunan nasional.

3. Meningkatkan kiprah Mahasiswa Teknik Sipil untuk mewujudkan sifat mandiri dan profesional.

Fungsi FKMTSI adalah FKMTSI berfungsi sebagai wadah komunikasi, pemersatu, dan kegiatan yang bersifat ilmiah bagi Mahasiswa Teknik Sipil seluruh Indonesia.Sifat FKMTSI adalah :

1. FKMTSI adalah suatu wadah pada tingkat nasional bagi HMS/KBMTS seluruh Indonesia

2.FKMTSI bersifat Independen dan Ilmiah dimana setiap kegiatannya turut membantu pemerintah dan lembaga     pendidikan tinggi dalam rangka mencapai tujuan nasional yaitu mencerdaskan kahidupan bangsa.

3. FKMTSI bukan merupakan organisasi sosial politik serta tidak menjalankan politik praktis.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »